Asam Urat (Arthritis Gout) – Definisi, Penyebab, Gejala, Diagnosis, Komplikasi, Pencegahan & Pengobatan

Uric acid
Sumber: onlymyhealth.com
 

Pengertian Asam Urat

Asam urat (arthritis gout) adalah suatu kondisi medis yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat di dalam sendi dan jaringan sekitarnya. Kondisi ini terjadi ketika kadar asam urat dalam tubuh meningkat secara berlebihan, menyebabkan peradangan yang menyakitkan pada sendi.

Penyebab Asam Urat

Penyebab utama asam urat adalah tingginya kadar asam urat dalam tubuh, yang disebabkan oleh kelainan metabolisme purin. Kelainan ini dapat disebabkan oleh faktor genetik, diet yang kaya purin dan gaya hidup yang tidak sehat seperti pola makan tinggi purin dan konsumsi alkohol yang berlebihan

Gejala Asam Urat

Gejala asam urat dapat bervariasi antara individu, namun gejala yang paling umum adalah nyeri yang tiba-tiba dan intens di sendi tertentu, seperti jari kaki besar atau sendi lainnya seperti pergelangan kaki, lutut, siku, pergelangan tangan, dan jari.

Diagnosis Asam Urat

Untuk mendiagnosis asam urat, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan meminta riwayat medis pasien.Pemeriksaan darah juga dapat dilakukan untuk mengukur kadar asam urat dalam tubuh.

Faktor Risiko Asam Urat

Beberapa faktor yang meningkatkan risiko seseorang mengalami asam urat meliputi:

  • Diet yang kaya purin
  • Konsumsi alkohol yang berlebihan
  • Kegemukan atau obesitas
  • Riwayat keluarga dengan asam urat
  • Penyakit ginjal kronis 

Namun, saat terjadi keadaan hiperurisemia kronis pada seseorang, asam urat berubah menjadi pro-oksidan dan pro-inflamasi (Fithri et al., 2018).

Komplikasi Asam Urat

Komplikasi yang dapat terjadi akibat asam urat yang tidak diobati atau dikelola dengan baik adalah: 

1. Gouty arthritis: Peradangan kronis yang terjadi pada persendian akibat penumpukan kristal asam urat. 

2. Batu ginjal: Kristal asam urat yang menumpuk dalam ginjal dapat membentuk batu ginjal yang menyebabkan rasa nyeri dan gangguan fungsi ginjal.


Pengobatan Asam Urat

Pengobatan asam urat biasanya melibatkan langkah-langkah berikut: 

  1. Menjaga pola makan yang sehat dan rendah purin, dengan menghindari makanan tinggi purin seperti hati, jeroan, dan makanan laut. 
  2. Mengurangi atau menghindari konsumsi alkohol yang berlebihan. 
  3. Menurunkan berat badan jika obesitas atau kelebihan berat badan menjadi faktor risiko asam urat.
  4. Menghindari makanan yang mengandung fruktosa tinggi, seperti minuman manis buatan dan sirup jagung tinggi fruktosa.
  5. Selain itu, penting untuk menjaga berat badan yang sehat melalui diet rendah kalori dan rutin berolahraga. 
  6. Selain perubahan pola makan, dokter juga dapat meresepkan obat-obatan antiinflamasi nonsteroid seperti ibuprofen atau naproxen untuk meredakan nyeri dan peradangan pada saat serangan asam urat.

Pencegahan Asam Urat

Untuk mencegah terjadinya asam urat, langkah-langkah berikut dapat diambil: Untuk mencegah terjadinya asam urat, langkah-langkah berikut dapat diambil: 

  1. Menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang dengan menghindari makanan tinggi purin seperti hati, jeroan, dan makanan laut. 
  2. Mengurangi konsumsi alkohol yang berlebihan atau menghindarinya sepenuhnya. 
  3. Minum banyak air putih untuk menjaga hidrasi tubuh. 
  4. Selain itu, mengelola tingkat stres dan mempertahankan gaya hidup sehat yang mencakup olahraga teratur juga dapat membantu mencegah timbulnya penyakit asam urat.

 

Referensi

Fithri, A., Probosari, E., & Nissa, C.. (2018, May 25). Perbedaan Kadar Asam Urat dan Asupan Zat Gizi pada Kelompok Vegetarian dan Nonvegetarian. https://scite.ai/reports/10.14710/jnc.v7i1.20775