Lupus Eritematosus Sistemik (LES) – Definisi, Penyebab, Gejala, Diagnosis, Komplikasi, Pencegahan & Pengobatan

 

SLE
Sumber: medicdrive.org

Pengertian Lupus Eritematosus Sistemik (LES)

Pengertian Lupus Eritematosus Sistemik adalah sebuah penyakit autoimun yang bersifat kronis dan sistemik (Islami et al., 2022). LES ditandai dengan produksi antibodi yang berlebihan oleh tubuh, yang menyebabkan berbagai manifestasi klinis pada berbagai organ tubuh.

Penyebab Lupus Eritematosus Sistemik (LES)

Penyebab Lupus Eritematosus Sistemik masih belum diketahui dengan pasti. Namun, diduga bahwa terdapat faktor genetik dan lingkungan yang berperan dalam memicu terjadinya penyakit ini.

Gejala Lupus Eritematosus Sistemik (LES)

Gejala Lupus Eritematosus Sistemik sangat bervariasi dan dapat melibatkan berbagai organ tubuh. Gejala yang paling umum meliputi kelelahan yang berlebihan, demam tidak terkendali, nyeri sendi atau otot, ruam yang memburuk dengan terpapar sinar matahari, sakit ulu hati, perubahan pada kulit seperti ruam merah dan bersisik, masalah ginjal seperti protein dalam urin, gangguan fungsi ginjal, serta masalah pada sistem kekebalan tubuh seperti gangguan pembekuan darah.

Diagnosis Lupus Eritematosus Sistemik (LES)

Diagnosis Lupus Eritematosus Sistemik dapat menjadi tantangan karena kemiripan gejala dengan penyakit lain. Namun, beberapa tes dan prosedur dapat membantu dokter dalam menegakkan diagnosis LES. Pemeriksaan darah untuk mendeteksi adanya antibodi autoimun seperti anti-DNA ds dan anti-Sm dapat digunakan. Selain itu, pemindaian gambar seperti MRI atau CT scan juga dapat digunakan untuk melihat adanya kerusakan pada organ tubuh akibat lupus.

Faktor Risiko Lupus Eritematosus Sistemik (LES)

Faktor risiko Lupus Eritematosus Sistemik meliputi faktor genetik dan lingkungan. Faktor genetik dapat mempengaruhi kecenderungan seseorang untuk mengembangkan LES, dengan risiko lebih tinggi terjadi jika ada riwayat keluarga yang juga mengidap penyakit ini.

Komplikasi Lupus Eritematosus Sistemik (LES)

Komplikasi dari Lupus Eritematosus Sistemik dapat bervariasi tergantung pada organ yang terkena dan tingkat keparahan penyakitnya (Islami et al., 2022).

Komplikasi yang umum dan serius pada LES adalah lupus nefritis, yaitu inflamasi pada ginjal yang dapat menyebabkan kerusakan permanen pada organ tersebut. Selain itu, LES juga dapat mengakibatkan komplikasi lain seperti kerusakan pada jantung, paru-paru, kulit, persendian, sistem saraf, dan gangguan kehamilan.

Pengobatan Lupus Eritematosus Sistemik (LES)

Pengobatan Lupus Eritematosus Sistemik melibatkan pendekatan multidisiplin yang terdiri dari dokter spesialis reumatologi, dokter kulit, dan ahli ginjal. Tujuan pengobatan LES adalah untuk mengontrol peradangan, mencegah kerusakan organ lebih lanjut, dan mereproduksi gangguan sistem kekebalan tubuh. 

Beberapa jenis obat yang digunakan dalam pengobatan LES meliputi kortikosteroid untuk mengurangi peradangan, imunosupresan untuk mengendalikan sistem kekebalan tubuh, dan obat anti-inflamasi nonsteroid seperti ibuprofen untuk mengurangi nyeri dan peradangan. 

Konseling dan dukungan psikososial juga penting dalam pengobatan LES, karena penyakit ini dapat memiliki dampak yang signifik pada kualitas hidup pasien.

Pencegahan Lupus Eritematosus Sistemik (LES)

Pencegahan Lupus Eritematosus Sistemik tidak dapat dilakukan secara spesifik karena penyebab pasti penyakit ini belum diketahui dengan jelas. Namun, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengurangi risiko terkena LES atau mengendalikan gejalanya. 

Pertama, menjaga gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi, berolahraga secara teratur, dan istirahat yang cukup. 

Selain itu, penting untuk menghindari paparan sinar matahari yang berlebihan, karena sinar ultraviolet dapat memicakai flare-up atau perburukan gejala LES. 

Selain itu, penghindaran faktor pencetus seperti infeksi, stres, dan obat-obatan tertentu juga dapat membantu mengendalikan gejala LES.

 

Referensi

Islami, A. A., Jafar, F. I., & Kuncoro, H.. (2022, May 31). Evaluasi Ketepatan Penggunaan Obat pada Pasien Lupus Eritematosus Sistemik (LES) di RSUD Kanujoso Djatiwibowo Kota Balikpapan Tahun 2020-2021. https://scite.ai/reports/10.25026/mpc.v15i1.609