Zollinger Ellison Syndrome (ZES) – Definisi, Penyebab, Gejala, Diagnosis, Komplikasi, Pencegahan & Pengobatan

 

Zollinger Ellison Syndrome
Sumber: creativemeddoses.com

Pengertian Zollinger Ellison Syndrome

Zollinger Ellison Syndrome adalah suatu kondisi langka yang menyebabkan produksi berlebihan asam lambung di dalam perut. Biasanya, sel-sel pada lapisan lambung menghasilkan sejumlah kecil asam untuk membantu pencernaan makanan. 

Namun, pada penderita ZES, terjadi tumor atau kanker yang merangsang sel-sel ini untuk memproduksi jumlah asam yang sangat tinggi. 

Akibatnya, asam lambung berlebih dapat menyebabkan tukak lambung dan usus yang serius.

Penyebab & Faktor Risiko Zollinger Ellison Syndrome

Penyebab utama Zollinger Ellison Syndrome adalah adanya tumor atau kanker pada pankreas atau duodenum yang merangsang sel-sel di lapisan lambung untuk memproduksi asam lambung secara berlebihan. 

Sekitar 75-90% kasus ZES disebabkan oleh tumor neuroendokrin, yaitu gastrinoma, yang biasanya terletak di dalam pankreas. Tumor ini menghasilkan hormon gastrin yang merangsang kelenjar lambung untuk meningkatkan produksi asam lambung.

Di samping itu, beberapa faktor yang dapat meningkatkan peluang terjadinya Zollinger Ellison Syndrome antara lain riwayat keluarga dengan kondisi ini, sindrom multiple endokrin neoplasia tipe 1, dan riwayat keluarga dengan gangguan endokrin lainnya.

Gejala Zollinger Ellison Syndrome

Gejala Zollinger Ellison Syndrome dapat bervariasi, tergantung pada seberapa parah produksi asam lambung yang berlebihan. 

Beberapa gejala umum yang dapat muncul meliputi nyeri ulu hati atau rasa terbakar di dada (heartburn), mual dan muntah, gangguan pencernaan seperti perut kembung, sering bersendawa, dan diare kronis. 

Selain itu, penderita juga dapat mengalami penurunan berat badan tanpa alasan yang jelas dan kelelahan yang persisten.

Gejala lain yang terkait dengan Zollinger Ellison Syndrome meliputi gangguan hematologi seperti penurunan berat badan dan anemia, serta gangguan pencernaan yang lebih serius seperti tukak lambung dan usus. 

Peningkatan metabolisme akibat gangguan hematologi ini dapat menyebabkan penurunan berat badan, demam menetap yang tidak diketahui penyebabnya, dan peningkatan fungsi kelenjar tiroid.

Diagnosis Zollinger Ellison Syndrome

Diagnosis Zollinger Ellison Syndrome dapat dilakukan dengan beberapa metode. Pertama, dokter akan melakukan wawancara medis terhadap pasien untuk mengumpulkan informasi tentang gejala yang dialami dan riwayat medis pribadi dan keluarga. 

Selanjutnya, dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan fisik untuk mencari tanda-tanda adanya tumor atau kanker pada perut.

Selain itu, tes laboratorium juga bisa dilakukan sebagai bagian dari proses diagnosis, seperti tes darah untuk melihat kadar hormon gastrin dalam tubuh dan pemeriksaan gambar seperti CT scan atau MRI untuk mendeteksi adanya tumor pada pankreas.

Komplikasi Zollinger Ellison Syndrome

Komplikasi dari Zollinger-Ellison syndrome dapat menjadi serius dan potensial mengancam jiwa. Salah satu komplikasi paling umum adalah ulkus peptikum yang parah, yang dapat menyebabkan perdarahan gastrointestinal atau perforasi usus. 

Kondisi ini memerlukan penanganan segera dan sering kali harus diobati dengan intervensi bedah.

Selain itu, kadar asam lambung yang berlebihan juga bisa menyebabkan inflamasi kronis pada kerongkongan (esophagitis) dan dapat meningkatkan risiko terjadinya GERD (gastroesophageal reflux disease), yang kemudian dapat menyebabkan kehutanan dan perubahan iklim tidak dapat diabaikan.

Pengobatan Zollinger Ellison Syndrome

Pengobatan Zollinger Ellison Syndrome biasanya bertujuan untuk mengurangi produksi asam lambung yang berlebihan dan mengatasi gejala yang timbul. 

Pengobatan utama adalah dengan menggunakan obat-obatan seperti inhibitor pompa proton yang dapat menekan produksi asam lambung. Beberapa contoh PPI yang sering digunakan dalam pengobatan ini antara lain omeprazole, lansoprazole, dan pantoprazole.

Selain itu, terapi medis juga dapat melibatkan penggunaan antagonis reseptor histamin H2 yang dapat membantu mengurangi produksi asam lambung.

Selain pengobatan farmakologi, jika ada tumor atau kanker yang mendasari Zollinger Ellison Syndrome, maka tindakan bedah mungkin diperlukan.

Pencegahan Zollinger Ellison Syndrome

Pencegahan Zollinger-Ellison Syndrome melibatkan langkah-langkah untuk mencegah tumor pankreas yang memicu kondisi ini. 

Namun, karena penyebab pasti dari sindrom ini tidak diketahui, pencegahan spesifik dapat sulit dilakukan. 

Namun, terdapat beberapa faktor-faktor yang berhubungan dengan kondisi ini, seperti riwayat keluarga dengan gangguan endokrin multiple neoplasia tipe 1 atau neurofibromatosis tipe 1.

Karena itu, apabila Anda memiliki riwayat keluarga yang mengalami kondisi serupa, penting untuk berkonsultasi dengan dokter dan menjalani pemeriksaan rutin untuk mendeteksi adanya tumor pada pankreas dengan menggunakan metode seperti CT scan atau MRI.